magnet kulkas

benda yg bersifat magnetis dan tidak maghnetis

Ada dua jenis benda berdasarkan mudah tidaknya tertarik oleh magnet. Bahan dari besi atau baja dapat ditarik magnet. Bahan dari plastik dan kayu tidak dapat ditarik magnet.

Bahan-bahan yang dapat ditarik oleh magnet disebut bahan magnetik dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan nonmagnetik. Lebih lanjut, bahanmagnetik diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. a.      Bahan ferromagnetik 

Bahan yang ditarik dengan kuat oleh magnet. Contohnya adalah nikel, besi, baja,  dan kobalt.

  1. b.      Bahan paramagnetik 

Bahan yang ditarik lemah oleh magnet. Contohnya adalah aluminiumdan plating.

  1. c.       Bahan diamagnetik 

Bahan yang sedikit menolak magnet. Contohnya adalah seng, bismuth,dan natrium klorida.

Berdasarkan asalnya, magnet dibagi menjadi dua kelompok, yaitu magnet alam, yakni magnetyang ditemukan di alam dan magnet buatan, yakni magnet yang sengaja dibuat oleh manusia.Selanjutnya, berdasarkan sifat kemagnetannya, magnet buatan dikelompokkan menjadi magnet tetap (permanen) dan magnet sementara. Magnet tetap adalah magnet yang sifat kemagnetannyatetap (terjadi dalam waktu yang relatif lama). Sebaliknya, magnet sementara adalah magnet yangsifat kemagnetannya tidak tetap atau sementara.Pada umumnya, magnet permanen terbuat dari baja, sementara magnet tidak tetap terbuat dari besi lunak. Disesuaikan dengan kegunaannya, dewasa ini magnet dibuat dari beberapa jenislogam. Berdasarkan jenis bahan yang digunakannya magnet dapat dibedakan menjadi empat tipe,yaitu:

  1. a.      Tipe Magnet Permanen Campuran
  2. b.      Tipe Magnet Permanen Keramik
  3. c.       Tipe Magnet Besi Lunak 
  4. d.      Tipe Magnet PelindungReferensi

Benda-benda magnetik yang bukan magnet dapat dijadikan magnet.  Benda  itu  ada  yang  mudah  dan  ada  yang  sulit  dijadikan magnet.  Baja  sulit  untuk  dibuat  magnet,  tetapi  setelah  menjadi magnet sifat kemagnetannya tidak mudah hilang. Oleh karena  itu, baja digunakan untuk membuat magnet tetap (magnet permanen). Besi mudah untuk dibuat magnet, tetapi jika setelah menjadi magnet  sifat  kemagnetannya  mudah  hilang.  Oleh  karena  itu,  besi digunakan untuk membuat magnet sementara.

♥ HOME ♥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s