Pendidikan IPA (Magnet)

Standard

Magnet

Nama : Rhetno Lindawati

Kelas   : FKIP-PGSD B Pagi

108620600167

magnet

sejarah magnet

Menurut cerita magnet berasal dari kata magnes. Magnes adalah nama seorang pengembala domba di daerah magnesia. Magnet disebut juga besi berani.

Magnet, kata yang berasal dari bahasa Yunani Magnitis Lithos yang mempunyai arti magnesium. Magnet sendiri adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet, dan dapat menarik benda benda lain terutama yang terbuat dari jenis logam. Magnet sendiri berdasarkan asalnya dibedakan menjadi dua, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet yang ada saat ini mayoritas adalah magnet buatan, yang sengaja dibuat oleh manusia untuk keperluan tertentu.

Magnet sendiri memiliki dua kutub, yaitu kutub Utara dan kutub Selatan. Meskipun sebuah magnet besar telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian magnet kecil, potongan magnet tersebut akan tetap memiliki dua kutub yaitu kutub Utara dan kutub Selatan. Kekuatan medan magnet yang dimiliki oleh sebuah magnet berada pada kedua kutub magnet tersebut. Daya tarik magnet paling kuat adalah pada logam semacam besi dan baja, dan kekuatan medan magnet diukur dalam satuan Tesla . Kutub magnet yang sejenis (Utara dengan Utara) jika didekatkan akan saling tolak-menolak alias mereka tidak mau saling menempel, akan tetapi jika kutub magnet yang berlainan jenis (Utara dengan Selatan) dia akan saling tarik menarik dengan kuat. Itulah sifat kemagnetan yang paling dominan antara kedua kutubnya.

Gaya magnet adalah gaya tarik menarik atau tolak menolak yang timbul akibat dua benda yang bersifat magnet saling berinteraksi. Kamu tentu pernah bermain dengan magnet yang dapat menarik benda benda yang mengandung logam. Tahukah kamu dari mana magnet itu berasal?

Magnet berasal dari batuan yang mengandung logam besi. Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet. Apakah semua benda dapat ditarik oleh magnet? Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.

Gaya magnet masih berpengaruh terhadap benda-benda logam meskipun ada penghalang di antara magnet dan benda yang ditariknya. Besarnya daya tembus gaya magnet dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jenis penghalang, tebal tipisnya penghalang, dan kekuatan magnet. Selain itu, pengaruh gaya magnet juga ditentukan oleh jarak magnet dengan benda.

kita telah mempelajari tentang sedikit sejarah magnet. dan kali ini kita akan belajar tentang :

1. Benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis

2. Menunjukkan gaya magnet

3. Manfaat gaya magnet

coba juga soal-soal yang ada laalu lihat kesimpulannya juga😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s